Cari Blog Ini

Minggu, 08 Januari 2012

BUDAYA RUPA NUSANTARA

Bangsa Indonesia kuno diliat memiliki sejarah dan peradaban yang tinggi. Ini dapat dilihat dari peninggalan artifak bernilai yang dibangun selama berabad-abad oleh nenek moyang kita. Peninggalan-peninggalan besar itu tersebar di berbagai wilayah nusantara dan menjadi tanda kebudayaan yang berkembangan di zamannya.
          Di dalam mata pelajaran sejarah nasional, telah diungkapkan bagaimana nenek moyang bangsa Indonesia membangun kebudayaan. Kalian dapat mengamati bahwa sebagian besar peninggalan yang menjadi tanda kebesaran dan keagungan peradaban masa lau itu adalah karya-karya budaya rupa yang tetap abadi sepanjang zaman. Contohnya : gambar gua, menhir, nisan, peralatan upacara, keris candi, patung pemujaan, perhiasan, singgasana raja, peralatan makan, kain pusaka, senjata, dan banyak lagi.
          Sejarah membuktikan bahwa karya budaya rupa yang nilai dan fisiknya dapat bertahan hingga sekarang adalah karya yang berkualitas tinggi pada zamannya. Jadi, kita bangsa Indonesia ingin dihargai sebagai bangsa yang besar, budaya menciptakan karya-karya besar itu tetap harus menjadi tradisi bagi generasi muda. Sehingga, generasi mendatang dapat mengenal tingkat peradaban yang telah dicapai saat sekarang.
          Mengingat betapa pentingnya karya-karya besar itu lahir di bumu nusantara, kita perlu memahami sejarah budaya rupa Indonesia lama agar dalam diri bangsa ini tumbuh semangat untuk berprestasi melalui karya-karya budaya yang mewakili zamannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar