Cari Blog Ini

Kamis, 05 Januari 2012

Pencemaran air

Saat ini, pencemaran air semakin banyak terjadi. Air dikatakan tercemar jika terjadi perubahan pada kualitas air, baik secara kimia, biologi atau fisika, yang dapat membahayakan makhluk hidup. Pencemaran air oleh berbagai jenis polutan juga dapat menurunkan jualitas air sehingga tidak dapat berfungsi lagi sesuai peruntukannya. Pencemaran air dapat terjadi di mata air, sungai, laut, waduk, danau,ataupun air tanah. Terjadinya pencemaran air sebagian besar disebabkan oleh kegiatan manusia, berupa limbah dari rumah tangga, kegiatan industry, maupun kegiatan lainnya.
Sumber-sumber polusi air
Sumber polusi air dapat dibedakan menjadi sumber langsung (point sources) dan sumber tidak langsung (nonpoint sources).
Sumber langsung adalah sumber polusi yang membuang polutan di lokasi spesifik melalui pipa, selokan, atau saluran pembuangan langsung menuju badan atau permukaan air. Polusi dari sumber langsung cenderung mudah dideteksi karenalokasi pembuangan polutan spesifik. Contoh sumber langsung polusi air adalah pabrik, tempat pengolahan limbah, pertambangan, dan tangki minyak.
Sumber tidak langsung adalah sumber polusi yang asalnya dari lahan luas atau dari partikel-partikel yang terbawa udara, yang mencemari air melalui aliran air atau pengendapan senyawa dari atmosfer. Polusi dari sumber tidak langsung lebih sulit di deteksi dari sumber langsung. Contoh sumber yang tidak langsung dari polusi air adalah aliran atau rembesan senyawa kimia dari lahan pertanian, pertenakan, perkotaan, jalan raya, area parker, dan tempat penebangan hutan.

1 komentar: