Cari Blog Ini

Sabtu, 27 Oktober 2012

Membuat garis Dengan OpenGL



NAMA : HENDRO WIDODO  S.
NPM : 13110226
KELAS : 3KA28

Pada kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan tentang tugas yang diberikan oleh dosen pembimbing mata kuliah Grafik Komputer dan Olah Citra yang membahas tentang pembuatan garis vertical, horizontal dan diagonal.
Pendahuluan
          OpenGL adalah suatu graphic library yang sebagian bersifat open source, dipakai pada banyak platform (windows, linux) dan dapat digunakan pada berbagai jenis compiler seperti C++ atau Delphi. OpenGL bukanlah bahasa pemrograman tetapi merupakan suatu Application Programming Interface (API).

Ø  Membuat Garis Diagonal
Pertama kita akan membuat garis diagonal dengan menggunakan C++ dan library OpenGL, disaat kita membuaka OpenGL maka akan keluar tampilan codingan dari library tersebut yang akan kita gunakan untuk membuat coding garis diagonal. Pada saat kita memasukkan coding perhatikan letak untuk pembuatan coding supaya tidak terjaadi kesalah dalam membuatnya. Letak pembuatan coding berada di bagisn bawah dari /*Untuk membuat garis Diagonal*/
Itu adalah komentar untuk pembuatan coding animasi dengan menggunakan C++ .

/*Untuk membuat garis Diagonal*/
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f); = Untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalam mode RGBA
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);  = Untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam
glPushMatrix (); = Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar
glClearColor(1,1,1,0); = Untuk menentukan warna garis/titik
glColor3f(1,1,1); // = Untuk menentukan warna garis/titik
glBegin(GL_LINES); = Untuk menggambar garis dari titik yang digunakan
glVertex3f(0,0,-0.8); = Untuk menentukan titik awal yang digunakan
glVertex3f(9.9,8.9,0.1); = Untuk menentukan titik akhir yang digunakan
glEnd (); = Untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir
glPopMatrix (); = Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar
SwapBuffers (hDC); = Digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar
Sleep (1);






Ø  Membuat Garis Vertikal
Kita menggunakan cara yang sama untuk membuat garis vertical dengan memasukkan coding garis vertikal di bawah tulisan /*Untuk membuat garis Vertikal*/.

/*Untuk membuat garis Vertikal*/
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f); =  Untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); = Untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam
glPushMatrix (); = Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0); = Untuk menentukan warna garis/titik]
glColor3f(1,1,1); //  = Untuk menentukan warna garis/titik]
glBegin(GL_LINES); = Untuk menggambar garis dari titik yang digunakan ]
glVertex3f(0.10,10.0,13.13); =  Untuk menentukan titik awal yang digunakan ]
glVertex3f(0,0,0.0); =  Untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]
glEnd (); = Untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir ]
glPopMatrix (); = Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
SwapBuffers (hDC); = Digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]
Sleep (1);




Ø  Membuat Garis Horizontal
Tahapan yang terakhir, sama seperti yang sebelumya kita hanya memasukkan coding garis horizontal
/*Untuk membuat garis Horizontal*/
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f); = Untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA]
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); = Untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]
glPushMatrix(); = Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0); = Untuk menentukan warna garis/titik]
glColor3f(1,1,1); // = Untuk menentukan warna garis/titik]
glBegin(GL_LINES); = Untuk menggambar garis dari titik yang digunakan ]
glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);
glVertex3f(-0.6f, 0.0f, 0.0f); = Untuk menentukan titik awal yang digunakan ]
glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f); = Untuk menentukan titik yang digunakan ]
glVertex3f(0.6f, 0.0f, 0.0f); = Untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]
glEnd(); = Untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir ]
glPopMatrix(); = Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
SwapBuffers (hDC); = Digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]
Sleep (1);





1 komentar: