NAMA : HENDRO WIDODO S.
NPM : 13110226
KELAS : 3KA28
Pada kesempatan kali ini, saya akan
menjelaskan tentang tugas yang diberikan oleh dosen pembimbing mata kuliah
Grafik Komputer dan Olah Citra yang membahas tentang pembuatan garis vertical,
horizontal dan diagonal.
NPM : 13110226
KELAS : 3KA28
Pendahuluan
OpenGL adalah suatu graphic
library yang sebagian bersifat open source, dipakai pada banyak platform
(windows, linux) dan dapat digunakan pada berbagai jenis compiler seperti C++
atau Delphi. OpenGL bukanlah bahasa pemrograman tetapi merupakan suatu
Application Programming Interface (API).
Ø Membuat Garis Diagonal
Pertama kita akan membuat garis
diagonal dengan menggunakan C++ dan library OpenGL, disaat kita membuaka OpenGL
maka akan keluar tampilan codingan dari library tersebut yang akan kita gunakan
untuk membuat coding garis diagonal. Pada saat kita memasukkan coding
perhatikan letak untuk pembuatan coding supaya tidak terjaadi kesalah dalam
membuatnya. Letak pembuatan coding berada di bagisn bawah dari /*Untuk membuat
garis Diagonal*/
Itu adalah komentar untuk pembuatan
coding animasi dengan menggunakan C++ .
/*Untuk membuat garis Diagonal*/
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f,
0.0f); = Untuk memilih warna yang
digunakan untuk membersihkan latar dalam mode RGBA
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
= Untuk membersihkan layar latar belakang
dengan warna hitam
glPushMatrix (); = Membuat baris kode menjadi tidak berlaku
untuk bagian luar
glClearColor(1,1,1,0); = Untuk menentukan warna garis/titik
glColor3f(1,1,1); // = Untuk menentukan warna garis/titik
glBegin(GL_LINES); = Untuk menggambar garis dari titik yang
digunakan
glVertex3f(0,0,-0.8); = Untuk menentukan titik awal yang digunakan
glVertex3f(9.9,8.9,0.1); = Untuk menentukan titik akhir yang digunakan
glEnd (); = Untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir
glPopMatrix (); = Membuat baris kode menjadi tidak berlaku
untuk bagian luar
SwapBuffers (hDC); = Digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar
SwapBuffers (hDC); = Digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar
Sleep (1);
Ø Membuat Garis Vertikal
Kita menggunakan cara yang sama
untuk membuat garis vertical dengan memasukkan coding garis vertikal di bawah tulisan
/*Untuk membuat garis Vertikal*/.
/*Untuk membuat garis Vertikal*/
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f,
0.0f); = Untuk memilih warna
yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); = Untuk membersihkan layar latar belakang
dengan warna hitam
glPushMatrix (); = Membuat baris kode menjadi tidak berlaku
untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0); = Untuk menentukan warna garis/titik]
glColor3f(1,1,1); // = Untuk menentukan warna garis/titik]
glBegin(GL_LINES); = Untuk menggambar garis dari titik yang
digunakan ]
glVertex3f(0.10,10.0,13.13); = Untuk menentukan titik awal yang digunakan ]
glVertex3f(0,0,0.0); = Untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]
glEnd (); = Untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir ]
glPopMatrix (); = Membuat baris kode menjadi tidak berlaku
untuk bagian luar]
SwapBuffers (hDC); = Digunakan untuk menukar bagian belakang
buffer menjadi buffer layar]
Sleep (1);
Ø Membuat Garis Horizontal
Tahapan yang terakhir, sama seperti
yang sebelumya kita hanya memasukkan coding garis horizontal
/*Untuk membuat garis Horizontal*/
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f,
0.0f); = Untuk memilih warna yang
digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA]
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); = Untuk membersihkan layar latar belakang
dengan warna hitam]
glPushMatrix(); = Membuat baris kode menjadi tidak berlaku
untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0); = Untuk menentukan warna garis/titik]
glColor3f(1,1,1); // = Untuk menentukan warna garis/titik]
glBegin(GL_LINES); = Untuk menggambar garis dari titik yang
digunakan ]
glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);
glVertex3f(-0.6f, 0.0f, 0.0f); = Untuk menentukan titik awal yang digunakan ]
glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f); = Untuk menentukan titik yang digunakan ]
glVertex3f(0.6f, 0.0f, 0.0f); = Untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]
glEnd(); = Untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir ]
glPopMatrix(); = Membuat baris kode menjadi tidak berlaku
untuk bagian luar]
SwapBuffers (hDC); = Digunakan untuk menukar bagian belakang
buffer menjadi buffer layar]
Sleep (1);
kita juga punya nih artikel mengenai 'OpenGL', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
BalasHapushttp://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2293/1/Differences%20Of%20Cube%20Mapping%20and%20Dynamic%20Cube%20Mapping.pdf
terimakasih