Cari Blog Ini

Minggu, 28 Oktober 2012

Biografi


Nama panjangku Hendro Widodo Saputro biasa dipanggil Hendro untuk panggilan umum, nama panggilan kelas tokek itu masih semester 1 dan semester 2 sih hahaha, saya lahir pada hari minggu di bulan april tanggal 12 tahun 1992 di Jakarta timur. Saya adalah anak pertama dari 2 bersaudara. Adik saya bernama Hendri Agus Setiwan, adik saya berkuliah di Bani Saleh bekasi. Saya terlahir dari keluarga yang sederhana dan apa adanya, dengan didikan dari bapak yang sejak kecil mengajarkan tentang menuntut ilmu, karena pepatah mengatakan  ‘Tuntutlah ilmu sampe ke negri china’ atau ‘Tuntutlah ilmu setinggi langit, oleh karena itu kita harus menuntut ilmu setinggi mungkin.
Riwayat pendidikan, berawal dari umur saya 4 tahun dimana saya bersekolah di tk alakhyar yang jaraknya tidak begitu jauh dari rumah di sekolah, lanjut ke SDN Wanasari 12 setelah itu saya masuk SMP 3 cibitung, pas mau masuk smk saya masih bingung untuk memilih smk 1 cikarang barat dengan smk 3 cibitung mana yang saya akan pilih, terus saya memutuskan untuk memilih smk 3 cibitung. Ketika kelas 3 saya mencoba untuk ikut tes masuk kuliah di POLTEK UI dan UNJ tetapi saya tidak diterima, akhirnya saya mencoba tes di UNIVERSITA GUNADARMA dan saya mencoba tes untuk 2 jurusan yaitu teknik computer dan manajemen informasi. Alhamdulillah saya diterima di kedua jurusan tersebut, dan saya memilih jurusan system informasi karena saya ingin memperdalam ilmu computer yang saya miliki.
Pengalaman yang menarik waktu saya mos di smk, di situ saya mendapatkan pengalaman yang sangat berharga tentang kedisiplinan. Karena pada saat mos saya dilantik sama polisi dan abri yang memang sekolah saya berdekatan dengan pos polisi dan abri. pernah pada waktu itu saya telat dateng mos dan saya di kenakan hukuman jalan jongkok sampe dalam kelas. pas penutupan mos diakhiri, smk saya mengadakan jalan sejauh 5 km untuk mendapatkan pangkat yang akan dipakai untuk acara upacara setiap pagi.
Cita – cita saya kedepanya yaitu untuk menjadi orang yang sukses dan tidak sombong, saling memberi kepada sesama yang membutuhkan dan satu lagi tetap rendah diri dan apa adanya. Setelah saya sukses saya ingin membahagiakan orang tua saya dengan membiayai orang tua pergi haji. Itulah cita-cita saya yang pada hari suatu saat nanti akan saya wujudkan, 
Demikian lah kisah sinkat perkenalan mengenai profil saya , semoga dapat bermanfaat bagi yang membacanya walaupun hanya sedikit.(Badegos Ronggas).

Sabtu, 27 Oktober 2012

Membuat garis Dengan OpenGL



NAMA : HENDRO WIDODO  S.
NPM : 13110226
KELAS : 3KA28

Pada kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan tentang tugas yang diberikan oleh dosen pembimbing mata kuliah Grafik Komputer dan Olah Citra yang membahas tentang pembuatan garis vertical, horizontal dan diagonal.
Pendahuluan
          OpenGL adalah suatu graphic library yang sebagian bersifat open source, dipakai pada banyak platform (windows, linux) dan dapat digunakan pada berbagai jenis compiler seperti C++ atau Delphi. OpenGL bukanlah bahasa pemrograman tetapi merupakan suatu Application Programming Interface (API).

Ø  Membuat Garis Diagonal
Pertama kita akan membuat garis diagonal dengan menggunakan C++ dan library OpenGL, disaat kita membuaka OpenGL maka akan keluar tampilan codingan dari library tersebut yang akan kita gunakan untuk membuat coding garis diagonal. Pada saat kita memasukkan coding perhatikan letak untuk pembuatan coding supaya tidak terjaadi kesalah dalam membuatnya. Letak pembuatan coding berada di bagisn bawah dari /*Untuk membuat garis Diagonal*/
Itu adalah komentar untuk pembuatan coding animasi dengan menggunakan C++ .

/*Untuk membuat garis Diagonal*/
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f); = Untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalam mode RGBA
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);  = Untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam
glPushMatrix (); = Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar
glClearColor(1,1,1,0); = Untuk menentukan warna garis/titik
glColor3f(1,1,1); // = Untuk menentukan warna garis/titik
glBegin(GL_LINES); = Untuk menggambar garis dari titik yang digunakan
glVertex3f(0,0,-0.8); = Untuk menentukan titik awal yang digunakan
glVertex3f(9.9,8.9,0.1); = Untuk menentukan titik akhir yang digunakan
glEnd (); = Untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir
glPopMatrix (); = Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar
SwapBuffers (hDC); = Digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar
Sleep (1);






Ø  Membuat Garis Vertikal
Kita menggunakan cara yang sama untuk membuat garis vertical dengan memasukkan coding garis vertikal di bawah tulisan /*Untuk membuat garis Vertikal*/.

/*Untuk membuat garis Vertikal*/
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f); =  Untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); = Untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam
glPushMatrix (); = Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0); = Untuk menentukan warna garis/titik]
glColor3f(1,1,1); //  = Untuk menentukan warna garis/titik]
glBegin(GL_LINES); = Untuk menggambar garis dari titik yang digunakan ]
glVertex3f(0.10,10.0,13.13); =  Untuk menentukan titik awal yang digunakan ]
glVertex3f(0,0,0.0); =  Untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]
glEnd (); = Untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir ]
glPopMatrix (); = Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
SwapBuffers (hDC); = Digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]
Sleep (1);




Ø  Membuat Garis Horizontal
Tahapan yang terakhir, sama seperti yang sebelumya kita hanya memasukkan coding garis horizontal
/*Untuk membuat garis Horizontal*/
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f); = Untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA]
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); = Untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]
glPushMatrix(); = Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0); = Untuk menentukan warna garis/titik]
glColor3f(1,1,1); // = Untuk menentukan warna garis/titik]
glBegin(GL_LINES); = Untuk menggambar garis dari titik yang digunakan ]
glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);
glVertex3f(-0.6f, 0.0f, 0.0f); = Untuk menentukan titik awal yang digunakan ]
glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f); = Untuk menentukan titik yang digunakan ]
glVertex3f(0.6f, 0.0f, 0.0f); = Untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]
glEnd(); = Untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir ]
glPopMatrix(); = Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
SwapBuffers (hDC); = Digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]
Sleep (1);