Cari Blog Ini

Sabtu, 01 Oktober 2011

ORGANISASI DAPAT DIARTIKAN SEBAGAI WADAH DAN SEBAGAI PROSES

Organisasi dapat diartikan sebagai wadah adalah dimana setiap kelompok merundingkan dan bekerjasama dalam memecahkan masalah untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
Organisasi dapat diartikan sebgai proses adalah setiap anggota yang memberikan saran akan ditampung dan akan dirundingkan bersama untuk menghasilkan ide-ide.
Organisasi adalah tempat berkumpulnya orang-orang yang berkerjasama secara rasional dalam memanfaatlkan sumber daya alam dan digunakan secara seefisien dan sehemat mungkin untuk mencapai suatu tujuan organisasi. Organisasi di bentuk karena adanya visi dan misi serta tujuan yang sama dengan perwujudan ekstensi sekelompok orang tersebut terhadap masyrakat. Suatu organisasi dapat dikatakan berjalan apabila memenuhi syarat dibawah ini :
Berpartisipasi dalam kegiatan social
Dalam berpartisipasi kita harus menentukan pokok permasalahan
Ciri-ciri organisasi yaitu :
Ø  Adanya kerja sama
Ø  Adanya komunikasi dengan anggota yang lain
Ø  Adanya tujuan yang ingin dicapai
Ø  Terdiri dari beberapa orang
Menurut beberapa ahli organisasi dapat diartikan sebagai :
·         Menurut chester l.  barnarrd
Adalah sebagai sebuah system tentang aktivitas kerjasama dua orang atau lebih dari sesuatu yang tidak terwujud dan tidak pandang bulu.
·         Menurut james d. money
Adalah sebagai bentuk setiap perserikatan orang-orang untuk mencapai suatu tujuan bersama.

SEJARAH TIMBULNYA ORGANISASI
organisasi telah ada sejak zaman dahulu, dan tidak ada yang tahu pasti kapan organisasi itu terbentuk.  Suatu organisasi biasanya dianggap baru dimulai sebagai disiplin akademik bersamaan dengan munculnya manajemen ilmiah pada tahun 1980. Ketika pertemuan logistic besar-besaran dan penelitian operasi menyebabkan munculnya minat yang baru terhadap system dan pendekatan rasionalistik terhadap studi organisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar